Seputar Desain Industri

  1. Apakah Desain Industri itu?

Desain Industri merupakan aspek hias atau aspek estetika dari sebuah benda. Desain Industri dapat terdiri dari fitur tiga dimensi, seperti bentuk sebuah benda, atau fitur dua dimensi seperti pola, garis atau warna.

2. Jenis perlindungan apa yang diberikan Desain Industri?

Pada dasarnya pemilik Desain Industri memiliki Hak untuk mencegah pihak ketiga untuk kepentingan komersil membuat, menjual, atau mengimport benda yang merupakan tiruan dari benda yang dilindungi Desain Industri baik sebagian atau secara keseluruhan.

3. Jenis produk seperti apa yang bisa mendapatkan perlindungan Desain Industri?

Desain Industri diterapkan dalam berbagai macam produk industri dan kerajinan; mulai dari kemasan dan wadah untuk perabotan rumah tangga sampai perangkat elektronik untuk tekstil. Desain Industri juga berkaitan dengan simbol grafis, penggunaan grafis antarmuka, dan logo.

4. Desain Industri apa saja yang dapat didaftarkan?

  • Desain Industri yang memiliki kebaruan (novelty) dengan catatan jika pada tanggal penerimaan permohonan pendaftaran Desain Industri tersebut tidak sama dengan pengungkapan Desain Industri yang telah ada sebelumnya;
  • Tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, ketertiban umum, agama, atau kesusilaan.

5. Berapa lama masa perlindungan Desain Industri?

Pemegang hak desain industri memiliki hak eksklusif untuk melaksanakan hak yang dimilikinya dan untuk melarang orang lain tanpa persetujuannya membuat, memakai, menjual, mengimpor, mengekspor, dan/atau mengedarkan produk-produk terkait.

6. Apa Perbedaan antara Desain Industri dan Paten?

Desain Industri pada dasarnya hanya melindungi penampilan atau fitur estetika sebuah produk, sedangkan Paten melindungi invensi baru yang menawarkan solusi teknis dalam menyelesaikan masalah yang ada, yang cara penyelesaiannya tidak terpikirkan sebelumnya. Pada prinsipnya, Desain Industri tidak melinungi fitur teknis atau fungsional dari suatu produk. Hal ini dikarenakan fitur tersebut berpotensi dilindungi oleh paten.

7. Apakah perlindungan Desain Industri yang diberikan di suatu negara juga berlaku di negara lainnya?

Hak Desain Industri bersifat teritorial, ini berarti bahwa Hak ini terbatas pada negara (atau wilayah) dimana perlindungan diberikan.

8. Apakah perlindungan Desain Industri yang didaftar di Indonesia juga berlaku di negara lain?

Desain Industri Indonesia hanya berlaku di Indonesia. Jika suatu Desain Industri hendak dilindungi di negara lain, pemohon harus mendaftarkannya ke Negara tersebut.

9. Apa keuntungan untuk bisnis saya jika Desain Industri saya dilindungi?

Perlindungan Desain Industri merupakan bagian yang menyatu dari strategi bisnis. Alasan utama untuk melindungi Desain Industri adalah sebagai berikut:

  • Pengembalian Investasi: Perlindungan terhadap Desain Industri berkontribusi dalam memperoleh laba atas investasi yang telah dilakukan dalam menciptakan produk yang menarik dan inovatif.
  • Hak Eksklusif: Perlindungan memberikan Hak Eksklusif selama 10 tahun, sehingga untuk mencegah atau menghentikan orang lain dari mengeksploitasi secara komersilatau meniru Desain Industri.
  • Memperkuat Merek: Desain Industri dapat menjadi elemen penting dari sebuah Merek perusahaan. Melindungi Desain Industri memberikan kontribusi untuk melindungi Merek Perusahaan tersebut.
  • Menjual Lisensi: Perlindungan ini memberikan hak-hak yang dapat dijual atau dilisensikan kepada perusahaan lain, yang kemudian akan menjadi sumber pendapatan bagi pemilik hak.
  • Citra Positif: Perlindungan membantu menyampaikan citra positif perusahaan, karena Desain Industri merupakan aset bisnis yang dapat meningkatkan nilai pasar perusahaan dan produk-produknya.
  • Keuntungan: Melindungi Desain Industri merupakan bentuk penghargaan terhadap kreativitas dan mendorong terciptanya kreativitas yang baru.

10. Apa yang terjadi jika saya tidak melindungi Desain Industri saya ?

Jika Anda tidak melindungi Desain Industri Anda, maka Anda mungkin tidak menikmati hak eksklusif yang seharusnya anda dapat dari Desain Industri anda. Akibatnya, pesaing bisnis Anda dapat menjual produk anda ke publik, atau menggabungkan Desain Industri Anda dengan produk mereka, tanpa perlu mendapatkan izin dari Anda.

Open chat
Kami Sentra Hak Kekayaan Intelektual UNIDA Gontor siap membantu dalam konsultasi dan permohonan pendaftaran KI. Ada yang bisa kami bantu?