SOSIALISASI HKI UNIDA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEKAYAAN INTELEKTUAL DIKALANGAN AKADEMISI

UNIDA GONTOR – Rabu, 14 Juli 2021 Sentra HKI UNIDA melakukan sosialisasi terkait pengenalan dan pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HKI) kepada kalangan akademisi, bertempat di Meeting Room Universitas Darussalam Gontor.  Sosialisasi dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dilakukan secara langsung (on site) maupun virtual. Sosialisasi peserta onsite dilakukan dengan menjaga protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan membatasi jumlah peserta. Bagi peserta yang tidak berkesempatan hadir ditempat, maka panitia menyediakan zoom meeting. Materi sosialisasi meliputi jenis-jenis HKI, proses pendaftaran, waktu perlindungan, penggolongan produk berdasarkan HKI yang sesuai, serta manfaat HKI bagi akademisi (Universitas, prodi, maupun pribadi).

 HKI sendiri merupakan hak yang didapatkan dari hasil olah pikir manusia untuk dapat menghasilkan suatu produk, jasa, atau proses yang berguna untuk masyarakat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kalangan akademik memiliki hubungan yang sangat erat sebagai pencipta/ inventor produk, jasa atau proses yang dapat digunakan untuk mensejahterakan masyarakat. Kemudian, melalui HKI tersebut setiap individu pencipta/inventor, mendapatkan perlindungan hukum terhadap cipataannya yang dimiliki perorangan ataupun kelompok atas jerih payahnya terhadap nilai ekonomis yang terkandung di dalam. Melalui HKI juga, pencipta/inventor dapat mengantisipasi, mencegah terjadinya pelanggaran atas HKI milik orang lain. HKI juga dapat meningkatkan iklim kompetisi yang baik, khususnya dalam hal komersialisasi kekayaan intelektual. Karena dengan adanya HKI akan mendorong para pencipta untuk terus berkarya dan berinovasi, dan bisa mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Lebih lanjut, hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan strategi penelitian, industri yang ada di Indonesia.

HKI dilingkungan akademisi memiliki manfaat lebih jauh, yakni bagi Universitas, sebagai Kredit Poin Akreditasi Unggulan Universitas dan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Bagi Program studi dan fakultas sebagai Kredit Poin Akreditasi Fakultas/Program Studi, serta komersialisasi produk sebagai bentuk kemandirian dan pengabdian kepada masyarakat. Bagi dosen nilai KUM dalam Jabfung dosen, komersialisasi HKI. Pencipta/inventor dapat lebih banyak mencurahkan pikiran dan tenaga dalam pelaksanaan dan pengembangan penelitian berpotensi HKI. (Indah Tri Lestari)

Dwi Wahyu Ika Mahardika

Leave a Reply

*

Open chat
Kami Sentra Hak Kekayaan Intelektual UNIDA Gontor siap membantu dalam konsultasi dan permohonan pendaftaran KI. Ada yang bisa kami bantu?