Sosialisasi HKI UNIDA Dalam Rangka Ospek Mahasiswa Baru di Kampus Mantingan

UNIDA GONTOR – Rabu, 02-Juni-2021, tim HKI UNIDA kampus Mantingan melakukan sosialisasi terkait pengenalan Hak Kekayaan Intelektuan (HKI) dalam rangkaian agenda orientasi mahasiswi baru pada 1 bertempat di Gedung Lt. 3 Lab Terpadu Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK).

Peserta merupakan mahasiswi baru yang berasal dari berbagai prodi. Sosialisasi kepada mahasiwi baru ini, merupakan langkah awal untuk menumbuhkan kesadaran kepada mahasiswi tentang pentingnya Hak Kekayaan Intelektual. Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sendiri adalah segala sesuatu yang dihasilkan dari kegiatan intelektual manusia dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, sastra, teknologi, desain dan sebagainya yang memiliki manfaat ekonomi dan dilindungi secara hukum.

Sosialisasi ini diawali dengan memberikan pertanyaan tentang seberapa penting HKI dalam kehidupan, serta contoh-contoh kasus pelanggaran HKI yang terjadi beberapa tahun ini. Materi dilanjutkan dengan menjelaskan ruang lingkup HKI kepada mahasiswi, ruang lingkup tersebut diantaranya: Hak cipta, paten, desain industri, merek, rahasia dagang, desain tata letak sirkuit terpadu, serta indikasi geografis. Tidak hanya menyampaikan jenis-jenis HKI, dalam sosialisasi juga disampaikan contoh-contoh produk intelektual yang dapat di ajukan HKI dan keuntungan yang didapatkan jika mendaftarkan produk intelektual kepada DJKI. Materi sosialisasi disampaikan oleh Ustadzah Hafidhotun Nabawiyah, S.Gz. M.PH dan Ustadzah Indah Tri Lestari, S.Si.M.Si secara paralel.

Untuk mengukur tingkat pemahaman para peserta, di akhir sesi dilakukan tanya jawab terhadap produk intelektual dan jenis HKI yang sesuai dalam proses pendaftaran. Pembicara juga memberikan video singkat untuk merangkum keseluruhan presentasi. Pada penghujung acara, diakhiri dengan do’a bersama sebagai penutup acara sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual UNIDA Gontor kampus Mantingan. Melalui sosialisasi ini diharapkan HKI UNIDA dapat mengalami peningkatan baik secara kuantitas maupun kualitas. Aamiin (Indah Tri Lestari)

Dwi Wahyu Ika Mahardika

Leave a Reply

*

Open chat
Kami Sentra Hak Kekayaan Intelektual UNIDA Gontor siap membantu dalam konsultasi dan permohonan pendaftaran KI. Ada yang bisa kami bantu?