Tanya-Jawab Seputar Rahasia Dagang

  1. Apakah Rahasia Dagang itu?

Rahasia Dagang adalah informasi yang tidak diketahui oleh umum di bidang teknologi dan/atau bisnis, yang mempunyai nilai ekomoni karena berguna dalam kegiatan usaha, dan dijaga kerahasianya oleh pemilik Rahasia Dagang.

  1. Apa saja lingkup perlindungan Rahasia Dagang?

Lingkup perlindungan Rahasia Dagang meliputi metode produksi, metode pengolahan, metode penjulan, atau informasi lain di bidang teknologi dan/atau bisnis yang memiliki nilai ekonomi dan tidak diketahui oleh masyarakat umum.

  1. Rahasia Dagang seperti apa yang mendapat perlindungan?

Rahasia Dagang mendapat perlindungan apabila informasi tersebut bersifat rahasia, mempunyai nilai ekonomi, dan dijaga kerahasiaannya melalui upaya sebagaimana mestinya.

  1. Informasi seperti apa yang dianggap bersifat rahasia?

Informasi dianggap bersifat rahasia apabila informasi tersebut hanya diketahui oleh pihak tertentu atau tidak diketahui secara umum oleh masyarakat.

  1. Informasi seperti apa yang dianggap memiliki nilai ekonomi?

Informasi dianggap memiliki nilai ekonomi apabila sifat kerahasiaan informasi tersebut dapat digunakan untuk menjalankan kegiatan atau usaha
yang bersifat komersial atau dapat meningkatkan keuntungan secara ekonomi.

  1. Informasi seperti apa yang dianggap djaga kerahasiaannya?

Informasi dianggap dijaga kerahasiaannya apabila pemilik atau para pihak yang menguasainya telah melakukan langkah-langkah yang layak dan patut.

  1. Bagaimana pelanggaran Rahasia Dagang terjadi?

Pelanggan Rahasia Dagang terjadi apabila :

  • Seseorang dengan sengaja mengungkapkan Rahasia Dagang, mengingkari kesepakatan, atau mengingkari kewajiban tertulis atau tidak tertulis untuk menjaga Rahasia Dagang yang bersangkutan;
  • Seseorang memperoleh atau menguasai Rahasia Dagang dengan cara yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  1. Saksi apa yang dapat dikenakan terhadap pelanggar Rahasia Dagang?

Barangsiapa dengan semgaja dan tanpa hak menggunakan Rahasia Dagang Pihak lain atau melakukan tindakan pelanggaran Rahasia Dagang dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah).

Open chat
Kami Sentra Hak Kekayaan Intelektual UNIDA Gontor siap membantu dalam konsultasi dan permohonan pendaftaran KI. Ada yang bisa kami bantu?